Sejarah Perkembangan Teknologi

oleh

Periode ini dimulai sekitar tahun 1960-an waktu mini   computer serta mainframe diperkenalkan perusahaan mirip IBM ke dunia industri. Kemampuan menghitung yg sedemikian cepat mengakibatkan aneka macam perusahaan yg memanfaatkannya buat keperluan pengolahan data (data processing). Pemakaian personal komputer  di masa ini ditujukan buat mempertinggi efisiensi, karena terbukti buat pekerjaan-pekerjaan tertentu, mempergunakan komputer jauh lebih efisien (berasal segi ketika dan  biaya ) dibandingkan dengan mempekerjakan berpuluh-puluh sdm buat hal serupa.

Pada era tersebut, belum terlihat suasana kompetisi  wifitoto  yang sedemikian ketat. Jumlah perusahaan pun masih relatif sedikit. Kebanyakan dari perusahaan perusahaan akbar secara tidak pribadi “memonopoli pasar-pasar tertentu, karena belum terdapat pesaing yang berarti. Hampir semua perusahaan-perusahaan besar  yg berkecimpung pada bidang infrastruktur (listrik serta telekomunikasi) dan  pertambangan pada ketika itu membeli perangkat personal komputer  buat membantu aktivitas administrasinya sehari-hari.

Keperluan organisasi yang paling poly menyita waktu komputer pada ketika itu artinya buat administrasi back office, terutama yang bekerjasama dengan akuntansi dan  keuangan. pada pihak lain, kemampuan mainframe buat melakukan perhitungan rumit pula dimanfaatkan perusahaan buat membantu menyelesaikan dilema-persoalan teknis operasional, seperti simulasi-simulasi perhitungan di industri pertambangan serta manufaktur.

Kemajuan teknologi digital yg dipadu menggunakan telekomunikasi telah membawa personal komputer  memasuki masa-masa “revolusi”-nya. pada athun baru 1970-an, teknologi PC atau Personal Computer mulai diperkenalkan menjadi alternatif pengganti kecil computer. menggunakan seperangkat komputer yang dapat ditaruh di meja kerja (desktop) wifitoto  , seorang manajer atau teknisi bisa memperoleh data atau isu yang telah diolah sang komputer (dengan kecepatan yg hampir sama dengan kecepatan mini   computer, bahkan mainframe). Kegunaan komputer di perusahaan tidak hanya untuk menaikkan efisiensi, namun lebih jauh untuk mendukung terjadinya proses kerja yg lebih efektif. tidak mirip halnya di era komputerisasi dimana komputer hanya sebagai “milik eksklusif” Divisi EDP (Electronic Data Processing) di suatu perusahaan, pada era kedua ini setiap individu pada organisasi bisa memanfaatkan kecanggihan personal komputer , mirip buat mengolah database, spreadsheet, maupun data processing (end-user computing). Pemakaian komputer pada kalangan perusahaan semakin marak, terutama didukung menggunakan alam kompetisi yg sudah berubah berasal monompoli sebagai pasar bebas. Secara tidak eksklusif, perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi personal komputer  sangat efisien dan  efektif dibandingkan perusahaan yang sebagian prosesnya masih dikelola secara manual. Pada era inilah personal komputer  memasuki babak barunya, yaitu menjadi suatu fasilitas yang bisa memberikan laba kompetitif bagi perusahaan, terutama yg beranjak di bidang pelayanan atau jasa.