Rumor Calon Pembeli ‘Manchester United’ Bertambah, termasuk Elon Musk

oleh

Persaingan untuk membeli klub sepak bola profesional Inggris, Manchester United, akan mempertaruhkan banyak uang, diperkirakan bernilai $6 miliar.

Tidak heran negara kaya minyak dan gas seperti Qatar banyak dikaitkan dengan tawaran pembelian itu. Juga nama Elon Musk disebut-sebut, meskipun pemilik Tesla itu mengatakan dirinya hanya bercanda di Twitter tahun lalu tentang niatnya untuk mencaplok Liga Utama klub sepakbola itu.

Sementara pernyataan minat untuk membeli akan dinyatakan pada Jumat, sejauh ini hanya satu pembeli potensial yang telah go public. Jim Ratcliffe, miliarder pemilik petrokimia INEOS dan salah satu orang terkaya Inggris mengumumkan niatnya untuk mengajukan penawaran bulan lalu.

Calon pembeli lain masih berdiam diri, meskipun kemungkinan akan berubah setelah hari Jumat nanti.

Bank Raine Group menangani proses itu setahun setelah mengatur penjualan Chelsea, yang meraih harga terbesar yang pernah ada selama ini. Tim sepak bola Inggris itu dibeli seharga $3 miliar oleh sebuah konsorsium yang dipimpin Todd Boehly dan Clearlake Capital.

Harga sedemikian tinggi itu didorong oleh minat dari seluruh dunia, dimana penawar yang berpusat di AS sangat ingin mengambil alih salah satu klub terbesar di dunia dan memperoleh saham di liga sepak bola paling populer. [ps/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com