Produsen Mobil Terus Bersaing dalam Inovasi Mobil Listrik

oleh

Selama tahun 2023 produsen mobil-mobil terkenal telah memperkenalkan kendaraan-kendaraan listrik inovasi terbarunya.

BMW i Vision Dee diluncurkan di pameran teknologi CES di Las Vegas pada awal Januari 2023. Sedan listrik ini punya tampilan baru dan istimewa di bagian depannya, dilengkapi suara tersendiri, bahkan seolah punya perasaan. Dee adalah singkatan dari ‘Digital Emotional Experience’, idenya adalah kendaraan dapat merespon suasana hati pengemudinya.

“Mesin yang benar-benar peduli. Ini sedikit mengingatkan saya pada karakter yang saya mainkan di Terminator 2. T-800 itu menyelamatkan umat manusia,” kata Arnold Schwarzenegger, yang membantu peluncuran mobil BMW itu.

Produsen mobil Stellantis juga meluncurkan Merek kendaraan komersialnya, RAM, memamerkan 1500 Revolution, truk bertenaga baterai.

Truk pikap konsep listrik, Stellantis, RAM 1500 Revolution diperkenalkan saat pidato utama di CES 2023, pameran dagang elektronik konsumen tahunan, di Las Vegas, Nevada, AS, 5 Januari 2023. (REUTERS/Steve Marcus)

Versi listrik RAM, akan mulai dijual tahun 2024, meskipun model produksinya tampaknya tidak akan terlihat secanggih yang ditampilkan di pameran Las Vegas.

Stellantis juga meluncurkan Peugeot Inception Concept EV-nya, demikian pula KIA dengan konsep mobil SUV listrik sepenuhnya EV9. Produsen mobil China BYD meluncurkan mobil Atto 3 dengan rancangan mutakhir dan futuristik.

“Pemerintah mendorong produksi kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon sebagaimana yang disepakati dalam perjanjian-perjanjian COP global,” kata Sanjay Gopalakrishnan, senior vice-president BYD India.

Produsen mobil Eropa dan Amerika juga tidak mau kalah seperti Porsche yang mulai menyediakan peralatan konversi mobil-mobil klasiknya menjadi kendaraan listrik, demikian pula produsen mobil Amerika Fisker dengan mobil SUV listrik Pear yang akan mulai dijual pada tahun 2025.

Kendaraan lini EV9 GT Kia di Seoul Mobility Show di Goyang, Korea Selatan, Kamis, 30 Maret 2023. (AP/Lee Jin-man)

Kendaraan lini EV9 GT Kia di Seoul Mobility Show di Goyang, Korea Selatan, Kamis, 30 Maret 2023. (AP/Lee Jin-man)

Penjualan kendaraan listrik juga meningkat pesat di Uni Eropa dengan penjualan mobil listrik jumlahnya hampir separuh dari seluruh registrasi mobil penumpang baru antara Januari dan November tahun 2023.

Data tersebut dirilis Asosiasi Produsen Mobil Eropa atau ACEA, pada Rabu (20 Desember).

Laporan tersebut menunjukkan kendaraan listrik menyumbang lebih dari 47,6 persen dari seluruh registrasi mobil penumpang baru di UE pada bulan November, naik dari 43 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Pendaftaran mobil listrik sepenuhnya meningkat 16,4 persen dari tahun sebelumnya, menjadi 144,378 kendaraan.

Tesla juga mencatat lonjakan hampir 45 persen pada November 2023 menyumbang hampir 22 persen dari registrasi mobil listrik sepenuhnya di Uni Eropa. [my/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com