Pidato di KTT BRICS, Putin Janji Kirim Gandum Gratis ke Afrika

oleh

Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (22/8), berjanji akan mengirim gandum ke negara-negara Afrika secara gratis. Ia menambahkan bahwa negosiasi “akan segera berakhir”.

Dalam pidato video yang direkam sebelumnya kepada para pemimpin kelompok BRICS, Putin mengatakan negaranya akan mengirim hingga 50.000 ton gandum ke enam negara Afrika secara gratis, termasuk biaya pengiriman.

Putin kembali mengatakan bahwa Rusia hanya akan kembali ke perjanjian gandum tersebut jika semua kewajiban dipenuhi.

BRICS, yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, untuk pertama kali mengadakan pertemuan tatap muka langsung sejak sebelum pandemi COVID-19. Namun, Putin berpartisipasi melalui telepon video. Ia tidak bisa melawat ke Afrika Selatan setelah Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapannya pada Maret atas penculikan anak-anak dari Ukraina. Rusia juga akan diwakili langsung oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

Sebulan lalu, Rusia membatalkan perjanjian yang ditengahi PBB dan Turki pada musim panas lalu untuk memastikan ekspor gandum Ukraina bisa berlangsung aman melalui Laut Hitam. Rusia telah berulang kali mengeluh bahwa perjanjian tersebut utamanya menguntungkan negara-negara kaya.

Data JCC menunjukkan bahwa 57% gandum dari Ukraina dikirim ke negara-negara berkembang. China adalah tujuan utama ekspor gandum Ukraina, menerima hampir seperempat pasokan komoditas pangan itu. [ka/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com