Petani Tiba di Pasar Terbesar di Prancis untuk Gelar Aksi Unjuk Rasa

oleh

Polisi berjaga di pasar Rungis, pasar terbesar di Prancis yang menjual bahan makanan, ketika para petani telah sampai di pusat produksi itu pada Rabu (31/1), sebagai bagian dari aksi protes yang juga telah meluas ke negara-negara lain di Eropa.

Gambar-gambar dari pasar itu menunjukkan puluhan kendaraan polisi, petugas antihuru-hara dan lainnya tampak menggeledah orang-orang.

Pasar Rungis, salah satu pasar terbesar di dunia, telah menjadi sasaran simbolis para petani yang marah, di mana banyak dari mereka harus menempuh perjalanan ratusan kilometer dengan traktor untuk sampai ke sana.

Para petani mengatakan mereka tidak dibayar dengan cukup, terbebani oleh pajak dan aturan ramah lingkungan, serta menghadapi persaingan tidak sehat dari luar negeri.

Para petani Spanyol dan Italia mengatakan mereka bergabung dengan gerakan protes yang juga melanda Jerman, yang bertujuan untuk menekan pemerintah agar melonggarkan peraturan lingkungan hidup dan melindungi mereka dari kenaikan biaya dan produk impor yang murah.

Menjelang pertemuan puncak para pemimpin Uni Eropa yang dijadwalkan pada Kamis (1/2), Komisi eksekutif blok tersebut telah menyusun proposal untuk membatasi impor pertanian dari Ukraina dan melonggarkan beberapa peraturan ramah lingkungan. [ns/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com