Pesanan Barang Pabrikan AS Turun Tajam pada Oktober

oleh

Pesanan untuk barang-barang pabrikan yang diproduksi di Amerika turun tajam pada bulan Oktober, terdampak oleh penurunan tajam pesanan peralatan transportasi, sehingga membalikkan kenaikan secara keseluruhan pada bulan September.

Pesanan baru untuk barang yang tahan lama, turun 5,4 persen pada Oktober dari bulan sebelumnya, menjadi $279,4 miliar, menurut revisi data Departemen Perdagangan AS.

Angka itu lebih buruk dari perkiraan menengah para ekonom yang disurvei MarketWatch, yang memperkirakan turun 3,4 persen.

“Singkatnya, barang-barang yang tahan lama mengalami penurunan pada Oktober,” tulis Kepala Ekonom Frekuensi Tinggi AS, Rubeela Farooqi dalam sebuah catatan kepada kliennya.

Ia menambahkan, “perusahaan terus menghadapi hambatan dari biaya pinjaman yang lebih tinggi dan kondisi kredit yang lebih ketat dapat membebani aktivitas.”

Pesanan baru alat transportasi turun 14,8 persen. Pada waktu yang sama, pesanan pesawat non-militer turun tajam sebesar 49,6 persen – sebuah perubahan besar yang diperkirakan terjadi setelah naik pada September karena pesanan pesawat baru oleh maskapai penerbangan murah Ryanair dalam jumlah besar. [ps/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com