Pemimpin Partai Demokrat dan Partai Republik akan Bahas Kebuntuan Soal Pagu Utang AS

oleh

Presiden AS Joe Biden dan pimpinan fraksi Republik dan Demokrat di Kongres dijadwalkan bertemu pada Selasa (9/5) di Gedung Putih di tengah-tengah kebuntuan mengenai peningkatan pagu utang negara.

Ketua DPR dari fraksi Republik, Kevin McCarthy, dan pemimpin fraksi Republik di Senat Mitch McConnell akan bergabung dengan pemimpin fraksi Demokrat di DPR Hakeem Jeffries dan pemimpin fraksi mayoritas di Senat Chuck Schumer sewaktu kelompok ini membahas tenggat untuk memastikan pemerintah dapat membayar utangnya.

Fraksi Republik bersikeras mengenai pemangkasan belanja sebelum mereka bersepakat untuk meningkatkan pagu utang, sementara Biden telah mengatakan bahwa Kongres memiliki kewajiban untuk membayar utangnya dan bahwa kedua isu harus ditangani secara terpisah.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan kepada para anggota parlemen pekan lalu bahwa kemampuan Departemen Keuangan untuk membayar seluruh tagihan pemerintah dapat berkurang sedini 1 Juni.

Ia mengatakan kepada jaringan televisi CNBC hari Senin bahwa ada “kesenjangan sangat besar” antara posisi partai Demokrat dan partai Republik dan ia memperingatkan bahwa pagu utang yang tidak dinaikkan akan menyebabkan “bencana ekonomi.” [uh/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com