New York Janjikan $1 M untuk Penelitian dan Pengembangan Chip, Kembangkan Lapangan Kerja

oleh

Negara bagian New York akan menganggarkan $1 miliar untuk memperluas penelitian teknologi chip di Albany, ibu kota negara bagian tersebut. Mereka ingin mengubah wilayah itu menjadi pusat penelitian dan manufaktur semikonduktor dunia. Demikian diumumkan Gubernur Kathy Hochul, pada hari Senin.

Ia mengatakan investasi itu akan mendukung usulan New York untuk memperoleh hibah federal berdasarkan undang-undang CHIPS and Science Act, yang akan menyediakan lebih dari $52 miliar untuk penelitian dan manufaktur semikonduktor. Hal itu merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk merebut kendali industri ini dari pesaing-pesaingnya, terutama China.

“Ada perlombaan untuk mendominasi dunia. Itu sebabnya kami berada di sini,” kata Hochul, seorang Demokrat, pada konferensi pers yang dihadiri oleh para pemimpin industri chip dan dua senator AS dari New York.

Pada akhirnya proyek itu akan menciptakan 700 lapangan kerja baru dan mencakup pembelian mesin litografi generasi berikutnya untuk membuat chip komputer. [ps/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com