Menkeu AS Peringatkan akan Berlakukan Sanksi Baru terhadap Iran

oleh

Serangan Iran pada akhir pekan terhadap Israel dan dukungan moneter untuk kelompok militan di Gaza, Lebanon, Yaman dan Irak dapat menimbulkan dampak ekonomi yang luas di kawasan tersebut dan sekitarnya, kata Menteri Keuangan Janet Yellen pada hari Selasa (16/4).

Yellen mengatakan Departemen Keuangan AS “tidak akan ragu bekerja sama dengan sekutu kami untuk menggunakan otoritas sanksi kami untuk terus mengganggu aktivitas rezim Iran yang jahat dan tidak stabil.”

Yellen berbicara menjelang pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia minggu ini.

Amerika Serikat telah lama menggunakan sanksi untuk mengisolasi Iran dari proksi-proksinya dan sistem ekonomi global.

Serangan Iran pada hari Sabtu merupakan pembalasan atas serangan mematikan pada 1 April terhadap sebuah bangunan di kompleks kedutaan besar Iran di Damaskus, yang oleh Teheran disalahkan pada Israel. Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal, yang menurut militer Israel sebagian besar ditembak jatuh dan tidak menimbulkan korban jiwa. Serangan tersebut adalah yang pertama yang dilakukan Iran terhadap Israel dari wilayahnya sendiri.

Meningkatnya ketegangan telah mendorong seruan dari komunitas internasional untuk menghindari konflik yang lebih luas. Pada tanggal 7 Oktober 2023, Hamas menyerang Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel. Sejak itu, lebih dari 33.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas dalam serangan Israel di Gaza, menurut kementerian kesehatan yang dikuasai Hamas.

Dalam pernyataannya, Yellen menyerukan tindakan segera untuk mengakhiri penderitaan warga Palestina di Gaza dan menekankan bahwa tekanan ekonomi terhadap Hamas tidak boleh menghalangi bantuan bagi para pengungsi di Gaza yang berada di ambang kelaparan.

“Adalah kewajiban kita semua di pertemuan ini untuk melakukan segala daya kita untuk mengakhiri penderitaan ini,” katanya.

Yellen menekankan bahwa Washington juga menggunakan sanksi untuk mengatasi kekerasan yang dilakukan pemukim Israel di Tepi Barat. [lt/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com