Macron Jamu Para Pemimpin Bisnis Global di Paris

oleh

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Senin (15/5), bertemu para CEO perusahaan internasional di Elysée Palace. Pertemuan dilakukan menjelang forum bisnis yang dirancang untuk menarik investasi asing ke negara tersebut.

Presiden Macron berbicara dengan Albert Bourga, CEO Pfizer, dan Elon Musk dari Tesla Motors dan SpaceX. Ia mendorong perusahaan-perusahaan untuk membangun pabrik dan membuka lapangan pekerjaan di Prancis.

Sebelumnya Menteri Perekonomian dan Keuangan Bruno Le Maire mengatakan 200 pemimpin bisnis global akan menjanjikan sekitar 13 miliar Euro untuk investasi mendatang pada KTT ‘Choose France’ di Versailles. Le Maire mengatakan kepada BFM TV bahwa investasi tersebut akan mendatangkan 8.000 pekerjaan ke Prancis.

Sejak menjabat pada 2017, Macron telah memotong pajak bisnis, mempermudah perekrutan dan pemecatan pekerja, dan mempersulit pengangguran untuk meminta tunjangan, di tengah kebijakan lainnya yang probisnis.

Selama empat tahun berturut-turut, Prancis adalah negara Eropa yang menarik investasi asing dalam jumlah terbesar, menurut survei oleh EY minggu lalu.

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan yang berbasis di Paris, Jumat, mengatakan statistiknya menunjukkan tingkat pengangguran pada Maret mencapai level terendah sejak 2001, 6,9% – turun dari sekitar 10% ketika Macron terpilih. Namun, proporsi pengangguran di Prancis lebih tinggi dari rata-rata di Uni Eropa, yang stabil pada 6%. [ka/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com