Laba Melonjak 72%, Ryanair Beri Penghargaan Para Pemegang Saham

oleh

Maskapai penerbangan murah Irlandia, Ryanair, Senin (6/11) mengumumkan dimulainya laba saham (dividen) tetap kepada para pemegang saham, setelah laba bersih melonjak 72 persen pada semester pertama. Laba diperoleh karena naiknya harga tiket pesawat dan rekor lalu lintas penerbangan.

Laba setelah pajak mencapai $2,4 miliar dalam enam bulan hingga akhir September dari tahun-ke-tahun, kata Ryanair dalam pernyataan.

Maskapai itu mengumumkan “dividen biasa perdananya sebesar 400 juta euro”, tersebar dalam dua pembayaran yang sama pada Februari dan September tahun depan.

Dalam beberapa tahun ke depan, Ryanair mengatakan pihaknya memperkirakan akan membayar sekitar 25 persen laba bersih dalam bentuk dividen.

Pengumuman dividen, bersama dengan prakiraan laba tahunan yang mencapai rekor tertinggi meski ada sejumlah hambatan, menyebabkan harga saham Ryanair naik enam persen, menjadi 16,12 euro di Dublin.

Lalu lintas penerbangan meningkat 11 persen menjadi 105 juta penumpang dan harga tiket rata-rata naik hampir 25%. [ps/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com