Investasi di AS, Pembuat Cip Taiwan Khawatirkan ‘Kerahasiaan Perusahaan’

oleh

Perusahaan pembuat cip Taiwan, TSMC, mengatakan pada hari Senin (10/4) bahwa pihaknya sedang berkomunikasi dengan Washington mengenai “panduan” untuk undang-undang yang dirancang untuk meningkatkan manufaktur semikonduktor AS yang telah memicu kekhawatiran tentang kriteria subsidi.

Ketentuan untuk subsidi termasuk pembagian kelebihan keuntungan dengan pemerintah AS, dan sumber-sumber industri itu mengatakan bahwa proses aplikasi demikian dapat membuka kerahasiaan strategi perusahaan.

Menteri Ekonomi Taiwan Wang Mei-hua mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa TSMC secara khusus berbicara dengan Amerika Serikat tentang rincian subsidi.

Departemen Perdagangan AS mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pihaknya akan melindungi informasi rahasia bisnis dan mengharapkan “berbagi keuntungan” hanya akan terjadi jika proyek secara signifikan melebihi arus kas yang diproyeksikan.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC) menginvestasikan $40 miliar untuk pabrik baru di negara bagian Arizona, AS, guna mendukung rencana Washington untuk membuat lebih banyak chip di dalam negeri.

Rincian subsidi untuk pabrik itu belum diungkapkan. [lt/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com