News  

Benarkah Amerika Serikat Terkejut dengan Ide Gila Presiden Jokowi Bikin Panik Australia Di Pulau NTT?

Heboh kabar mengenai Amerika Serikat yang kaget dengan ide gila Presiden Joko Widodo yang membuat Australia panik di Pulau Nusa Tenggara Timur (NTT). Kabar tersebut dibagikan oleh akun media sosial Facebook  ‘Pemancing Bertopeng’. 

Video yang diunggah akun Facebook ‘Pemancing Bertopeng’ menampilkan penampakan perairan dan potongan klip Presiden Jokowi beserta Perdana Menteri Australia. Narasi yang dituliskan dalam unggahan itu sebagai berikut. 

“Amerika Sampai Terkejut.!! Ide Gila Jokowi Bikin Panik Australia Di Pulau NTT”

Lalu benarkah klaim tersebut?

Unggahan yang mengklaim Amerika terkejut gegara ide gila Jokowi. (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, klaim soal Jokowi berikan ide gila bikin Australia panik di Pulau NTT hingga Amerika terkejut adalah salah.

Faktanya, akun itu menggunakan foto thumbnail serta potongan video yang disunting menjadi orientasi dibalik (mirror/flip).

Terlebih lagi, klip potongan video sama sekali tidak ada kaitan satu sama lain.

Penampakan perairan yang asli merupakan perairan Natuna dan bukan NTT. Video tersebut adalah ketika Jokowi menggelar rapat terbatas di atas KRI Imam Bonjol 383 di tengah Perairan Natuna, Kepulauan Riau pada 23 Juni 2016 yang diunggah oleh kanal YouTube BeritaSatu.

Sementara itu, video lain yang identik adalah potongan ketika Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Menteri Luar Negeri Penny Wong yang diunggah oleh kanal YouTube FijianGovernment pada 13 Jul 2022. Video asli tersebut pun tidak ada kaitannya sama sekali dengan klaim dari unggahan akun ‘Pemancing Bertopeng’.

Adapula narasi yang dibacakan dalam video merupakan artikel ANTARANEWS.com pada 8 Januari 2020, yang memberitakan soal Jokowi yang pergi ke Natuna, namun dalam video kata ‘Natuna’ diganti menjadi ‘NTT’.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kabar yang diunggah soal klaim Amerika terkejut oleh ide gila Jokowi gegara bikin panik Australia di Pulau NTT adalah hoaks dan keliru.

Informasi yang telah tersebar tersebut masuk ke dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content.



Sumber: yoursay.suara.com