Alipay+ Kemungkinan akan Hadir di Indonesia

oleh

Ant Group sedang melakukan pembicaraan dengan Indonesia untuk membawa layanan pembayaran populer lintas negara Alipay+ ke tanah air.

Sebagaimana dikutip oleh banyak media, kepala bisnis internasional Ant Group mengatakan hal itu pada hari Jumat (19/4) setelah pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Ant Group, sebelumnya dikenal sebagai Ant Financial, adalah perusahaan afiliasi dari konglomerat China, Alibaba Group. Aliplay+ yang dimiliki grup ini merupakan platform pembayaran seluler terbesar di dunia.

Seorang penjaga keamanan berjalan melewati logo Alipay di kantor Alipay di Shanghai, milik Ant Group yang merupakan afiliasi raksasa e-commerce China, Alibaba, di Shanghai, China, 22 September 2020. (REUTERS/Lagu Aly)

Diluncurkan pada tahun 2020, Alipay+ menyediakan layanan teknologi untuk para pedagang dan dompet elektronik global yang memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran di pasar luar negeri dengan dompet elektronik lokal mereka.

Alipay+ melayani lebih dari 1,3 miliar pengguna dan 80 juta pedagang, dengan total volume pembayaran mencapai lebih dari 16 triliun dolar pada Juni 2020.

Peng Yang, CEO Ant Group, seperti dikutip oleh surat kabar Kompas, mengatakan perusahaannya sedang mencari panduan dari bank sentral Indonesia untuk beroperasi di Indonesia, dan ia berharap Alipay+ dapat diluncurkan tahun ini.

Ant Group dan Bank Indonesia tidak segera menanggapi permintaan komentar dari kantor berita Reuters. [ab/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com