News  

Akselerasi Transformasi Digital, Kominfo Gelar Digiers Day

Suara.com – Transformasi digital membutuhkan sumber daya manusia yang unggul dengan keahlian seperti Big Data Analytics, Cybersecurity, Cloud Computing, Web Developer, dan lainnya.

Untuk memastikan akselerasi transformasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo melaksanakan Program Digital Talent Scholarship 2022 dengan target memberikan beasiswa pelatihan intensif kepada 200.000 peserta agar memiliki keterampilan bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, menyatakan saat ini program DTS 2022 telah melatih 225.187 peserta yang diseleksi dari total 283.906 pendaftar.

“Hingga akhir November masih terdapat 37.229 peserta yang tengah menjalani pelatihan di 8 akademi,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Pelatihan ini ditujukan untuk masyarakat umum, utamanya angkatan kerja muda hingga aparatur sipil negara di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya, agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era Industri 4.0.

“Dalam penyelenggaraannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan beberapa pihak, seperti perguruan tinggi (universitas dan politeknik), global technology companies maupun perusahaan lokal serta industri,” jelas Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo tersebut.

Event ini diharapkan menjadi wadah untuk mempertemukan para alumni DTS dengan mitra perusahaan dan pemberi kerja yang membutuhkan talenta digital. Para mitra perusahaan dapat melakukan proses rekrutmen melalui on-the-spot selection baik untuk pemagangan/ penempatan kerja.

Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan aplikasi yang memfasilitasi pertemuan antara talenta-talenta digital yang sudah dilatih melalui program DTS dengan berbagai peluang kerja dari beragam industri melalui aplikasi Diploy yang merupakan penyempurnaan dari SIMONAS (Sistem Informasi dan Monitoring Alumni Sertifikasi), yang sudah bisa diakses di https://www.diploy.id



Sumber: www.suara.com