Akhiri Perang di Ukraina, Hal Terbaik bagi Ekonomi Global

oleh

Menteri Keuangan Amerika Janet Yellen hari Minggu (16/7) menegaskan bahwa mengakhiri perang di Ukraina tidak hanya merupakan “hal pertama dan kewajiban moral,” tetapi juga “satu-atunya hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk ekonomi global.”

Ditambahkannya, Amerika akan terus memutus akses Rusia pada peralatan dan teknologi militer yang diperlukan untuk berperang di Ukraina.

“Salah satu tujuan utama kami tahun ini adalah memerangi upaya Rusia untuk menghindari sanksi-sanksi yang kami jatuhkan. Berdasarkan langkah-langkah yang kami ambil beberapa bulan terakhir ini, kami sedang membangun tindakan untuk menindak upaya Rusia tersebut,” ujar Yellen.

Berbicara di Grandhinagar, ibu kota negara bagian Gujarat, di bagian barat India, Yellen juga mengatakan sedang berupaya membina hubungan lebih hangat antara Amerika dan India. Yellen juga berencana singgah di Hanoi, Vietnam, di mana ia akan membahas keandalan rantai pasokan, transisi energi bersih, dan masalah ketahanan ekonomi lainnya.

Kunjungan ke India yang kerap dilakukan Yellen menunjukkan pentingnya hubungan Amerika-India saat sedang bersitegang dengan China.

Hubungan lama India dengan Rusia juga semakin meningkat seiring invasi Rusia ke Ukraina, meskipun Amerika dan negara-negara sekutu berupaya menjatuhkan sanksi dan memukul perekonomian Rusia.

India tidak ambil bagian dalam upaya menghukum Rusia dan mempertahankan perdagangan energinya dengan negara itu meskipun ada batas harga minyak Rusia yang disepakati negara-negara G7, yang sebagian kebijakannya berhasil memperlambat ekonomi Rusia. [em/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com