News  

5 Langkah yang Bisa Dilakukan Ketika Pasangan Marah Kepadamu

Situasi kemarahan atau konflik itu normal saja dialami oleh setiap pasangan. Ini semua hanya soal komunikasi dan negosiasi satu sama lain. Keduanya harus terlibat dan memiliki kebesaran hati untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Terkadang, kemarahan dari pasangan mungkin bisa saja diakibatkan karena adanya kesalahpahaman yang terjadi. Nah, berikut lima langkah yang bisa dilakukan ketika pasangan marah kepadamu.

1. Beri ruang kepadanya

Ilustrasi marah (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berikan space atau ruang agar pasanganmu bisa menenangkan diri. Pasanganmu mungkin akan sangat marah kepadamu saat ini, namun emosinya pasti akan perlahan membaik beberapa jam atau beberapa hari setelahnya.

Keadaan seperti ini mungkin juga akan baik untukmu, karena kamu akan memiliki waktu untuk bisa refleksi diri dan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat.

2. Melihat masalah dari perspektif pasangan

Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Nothing Ahead)
Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Nothing Ahead)

Apabila pasangan masih marah kepadamu, cobalah untuk bisa melihat masalah dari sudut pandang pasanganmu. Dengan begitu, kamu akan bisa mengetahui akar permasalahan dan juga bisa memperbaiki keadaan.

Apabila kamu masih kesulitan mengetahui penyebab kemarahan pasangan, kamu bisa ambil break sebentar dan jernihkan pikiranmu.

3. Meminta maaf kepadanya dengan tulus

Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Alex Green)
Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Alex Green)

Apabila kamu memang telah membuat kesalahan yang membuat pasangan marah, segera minta maaf kepadanya. Minta maaf kepadanya dengan tulus, dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar mengakui kesalahan yang telah kamu perbuat.

Apabila kamu ingin menjelaskan kesalahan yang telah kamu lakukan, silakan. Kemudian, apabila pasangan memiliki banyak pertanyaan yang ditanyakan ke kamu, jawablah dengan jujur.

4. Tunjukkan bahwa kamu telah berubah

Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Timur Weber)
Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Timur Weber)

Tunjukkan kepada pasangan bahwa kamu telah berubah. Apabila pasanganmu marah karena kamu tidak memberi kabar kepadanya, maka kamu harus ingat untuk tidak melakukan kesalahan tersebut kedua kalinya. Jika perlu, buatlah reminder agar kamu tetap ingat untuk memberi kabar kepadanya.

5. Buatlah dia tersenyum

Ilustrasi pasangan (Pexels.com/vjapratama)
Ilustrasi pasangan (Pexels.com/vjapratama)

Buatlah lelucon atau tunjukkan hal-hal yang biasanya bisa membuat pasanganmu senang. Apabila pasanganmu adalah tipikal orang yang menyukai rayuan, maka lakukanlah. Apabila dia adalah tipikal orang yang menyukai komentar sincere dari hati, maka lakukanlah hal tersebut agar dia tersenyum kembali.

Itu tadi adalah 5 langkah yang bisa dilakukan ketika pasangan marah kepadamu. Kamu sudah melakukan yang mana saja?



Sumber: yoursay.suara.com