18 April 2023, Tax Day di Amerika

oleh

Hari ini adalah Tax Day di Amerika atau tenggat bagi kebanyakan warga Amerika untuk memenuhi kewajiban membayar pajak pendapatan mereka.

Biasanya Tax Day jatuh pada 15 April, tetapi pada tahun 2023 tanggal itu jatuh pada hari Sabtu dan Senin berikutnya adalah Hari Emansipasi, yang dinyatakan sebagai hari libur di Washington DC. Akibatnya Tax Day diundur hingga Selasa berikutnya, 18 April 2023.

Selain itu banyak warga California akan diberi waktu hingga 16 Oktober untuk melaporkan pajak pendapatan mereka, karena bencana alam yang mendera negara bagian itu, demikian pula untuk warga Alabama dan Georgia. Korban banjir di Tennessee, Arkansas, Mississippi dan New York juga diberi kelonggaran.

Anda bisa diberi waktu lebih banyak untuk melaporkan pajak pendapatan federal Anda dengan mengisi formulir permohonan perpanjangan, yang akan memberi Anda tenggat baru yakni 16 Oktober 2023. Kantor pajak menaksir satu dari delapan warga Amerika akan mengajukan permohonan penundaan ini.

Tetapi perlu diingat, mengajukan permohonan perpanjangan tidak berarti Anda boleh menunda pembayaran Anda. Dengan kata lain, kalau seorang wajib pajak punya utang pajak untuk tahun 2023, mereka tetap wajib membayar pajak paling lambat pada Tax Day. Jadi, pada 18 April, meskipun mereka telah mengajukan permohonan perpanjangan.

FILE – Gedung kantor pajak (IRS) di Washington, 4 Mei 2021. (AP/Patrick Semansky, File)

Kalau tidak membayar paling lambat pada Tax Day, maka wajib pajak akan dikenakan denda plus bunga untuk pajak yang terutang. Denda ini bisa mencapai 47,5 persen dari utang pajak, plus bunga. Sudah tentu Anda tidak akan didenda seandainya Anda seharusnya memperoleh refund atau pengembalian kelebihan pajak yang sudah Anda bayarkan.

IRS juga memberi wajib pajak kesempatan mengajukan payment plan atau jadwal pembayaran lewat situs IRS. Jadwal ini memungkinkan Anda membayar pajak secara wajar setiap bulan hingga lunas. [jm/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com