2 Cara Mengubah Nada Dering WhatsApp Menjadi Suara Google Dengan Penjelasannya

oleh
cara mengubah nada dering whatsapp menjadi suara google

Seperti yang dikenal, WhatsApp akan memunculkan nada dering sebagai notifikasi adanya panggilan ataupun pesan. Ternyata, nada dering atau ringtone pada WhatsApp juga dapat dimodifikasi, misalnya dengan suara. Ulasan ini akan menjelaskan cara mengubah nada dering WhatsApp menjadi suara Google.

Untuk yang belum mengetahui, suara Google adalah suara yang dihasilkan dari fitur text-to-speech pada Google. Dengan menuliskan teks, kecerdasan buatan Google akan mengubahnya menjadi suara. Suara ini yang dapat dimanfaatkan sebagai pengisi suara video atau nada dering.

Cara Membuat Suara Google Untuk Nada Dering WA

Sebelum memahami cara mengubah nada dering WhatsApp menjadi suara Google, pengguna WA perlu mengetahui bagaimana membuat suara Google yang diinginkan. Untuk membuatnya, ada situs pihak ketiga yang dapat melakukannya yaitu Sound of Text. Begini cara membuat suara dengan situs tersebut:

  • Mula-mula, buka browser pada perangkat smartphone, lalu kunjungi situs Sound of Text dengan tautan berikut: https://soundoftext.com/.
  • Pada halaman utama, scroll ke bawah dan pilih suara yang diinginkan berdasarkan bahasa yang digunakan.
  • Selanjutnya, tinggal ketikkan kata-kata yang ingin diucapkan oleh suara Google, lalu klik Submit.
  • Setelah suara Google diciptakan, klik Play untuk mendengarkan suara, atau klik Download untuk mengunduh file suara tersebut ke smartphone.
  • Untuk membuat suara Google yang diunduh tersedia sebagai nada dering, temukan file tersebut melalui File Manager/My Files. Biasanya file yang diunduh otomatis akan berada di Penyimpanan Internal > Download.
  • Salin file suara tersebut ke dalam folder Penyimpanan Internal > Music atau Ringtones. Untuk smartphone dengan My Files, pilih Penyimpanan Internal > Samsung > Music.

Begini Cara Mengubah Suara Google Sebagai Ringtone WA

Setelah mendapatkan suara Google yang diinginkan, kini suara dapat digunakan sebagai nada dering pada aplikasi WhatsApp. Ada dua cara mengubah nada dering WhatsApp menjadi suara Google yang khas. Suara Google dapat dibuat untuk seluruh kontak maupun satu saja.

1. Mengubah Nada Dering WhatsApp Sekaligus

Untuk mengatur nada dering WhatsApp dengan suara Google secara sekaligus, dapat dilakukan melalui Setelan. Pastikan jika file suara Google sudah tersimpan di folder tempat penyimpanan yang benar agar terbaca di WhatsApp. Berikut langkah-langkah pengaturannya:

  • Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp pada smartphone.
  • Kunjungi Setelan dengan menekan ikon titik tiga pada pojok layar aplikasi.
  • Selanjutnya, pilih opsi Notifikasi, lalu scroll hingga ke bawah.
  • Pada kolom Panggilan, pilih opsi Nada dering, lalu temukan musik dengan nama yang sama dengan nama file suara Google.
  • Untuk sebagian smartphone, memilih opsi Nada dering akan memunculkan kolom baru untuk menentukan tempat file yang akan dipakai.
  • Pilih opsi File Manager, lalu kunjungi folder Music atau Ringtone dimana file suara Google berada.

2. Mengubah Nada Dering WhatsApp Per Kontak

Apabila diinginkan, suara Google dapat digunakan sebagai nada dering untuk satu kontak. Dengan ini, pengguna WhatsApp dapat membuat beberapa macam suara Google yang berbeda untuk masing-masing kontak. Begini langkah-langkah pengaturannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone, lalu tekan ikon berbentuk lingkaran pada pojok bawah aplikasi.
  • Pilih kontak yang diinginkan pada daftar, lalu klik nama kontak tersebut untuk mengunjungi profil WhatsApp kontak.
  • Selanjutnya, pilih Notifikasi kustom, dan ceklis opsi “Gunakan notifikasi kustom”.
  • Pilih opsi Nada dering yang diberikan pada kolom notifikasi pesan, maupun notifikasi panggilan. Pengguna dapat memilih salah satu atau keduanya.
  • Tinggal temukan file suara Google yang ingin digunakan pada daftar nada dering. Untuk smartphone tertentu, pilih opsi File Manager terlebih dahulu, lalu kunjungi folder Music atau Ringtone tempat file suara Google berada.

Demikian penjelasan mengenai cara mengubah nada dering WhatsApp menjadi suara Google. Dengan keunikan dan ciri khas dari suara Google, tak heran jika banyak yang menggunakannya sebagai nada dering, khususnya untuk WhatsApp. Alhasil, nada dering menjadi berbeda-beda dan lucu untuk didengarkan.