3 Cara Mengatasi Hp Lemot Oppo Anti Gagal

oleh
cara mengatasi hp lemot oppo

Oppo menjadi salah satu merk smartphone yang banyak penggemarnya dikarenakan keunggulan dan harga terjangkau. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya para pengguna. Namun meskipun begitu, tidak dipungkiri jika tiba-tiba hp akan mengalami lemot. Sehingga para pengguna memerlukan cara mengatasi hp lemot Oppo seperti berikut ini:

1. Copot Pemasangan Aplikasi Tidak Terpakai

Penggunaan aplikasi yang menumpuk dalam smartphone akan membuat kinerjanya menjadi tidak maksimal saat digunakan oleh penggunanya. Oleh karena itu, hal tersebut sangat perlu untuk dihindari dengan cara mencopot aplikasi yang sekiranya hanya memberatkan. Cara untuk mencopot aplikasi yang tidak dipakai tersebut yaitu dengan langkah ini:

  • Cari dan pilih aplikasi yang tidak terpakai pada hp Oppo.
  • Jika sudah ditemukan, klik dan tahan ikon aplikasi tersebut hingga muncul notifikasi baru.
  • Setelah muncul notifikasi maka langsung saja pilih opsi “hapus” dan dilanjutkan konfirmasi untuk mencopot aplikasi yang sudah dipilih tersebut.
  • Kemudian jika sudah dikonfirmasi, restart hp Oppo dan sekarang sudah tidak lemot lagi.

Dengan mencopot atau menghapus aplikasi yang tidak terpakai dan hanya memberatkan akan menjadikan hp Oppo menjadi tidak lemot dan ringan secara sistem. Sehingga para pengguna dapat lebih maksimal dalam memanfaatkan smartphone dengan cepat tanpa lemot.

2. Hapus File Sampah yang Menumpuk

Cara mengatasi hp lemot Oppo agar lancar kembali saat diakses adalah dengan membersihkan berbagai file sampah. Ada banyak macamnya mulai dari cache, cookies, dan juga basis data aplikasi yang harus dibersihkan secara berkala. Penghapusan file sampah tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini:

  • Pertama buka menu setelan pada hp Oppo.
  • Akan muncul banyak opsi dan selanjutnya pengguna dapat memanfaatkan fitur pencarian untuk menemukan opsi “Manajemen Aplikasi”.
  • Kemudian di dalamnya ada berbagai pilihan dan langsung saja pilih “Daftar Aplikasi” yang akan muncul semua aplikasi dalam hp Oppo tersebut.
  • Pengguna dapat memilih salah satu aplikasi dan tekan pada menu “Hapus Cache”
  • Konfirmasi penghapusan dan penghapusan cache telah selesai.

Pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan data-data yang terdapat dalam aplikasi tersebut. Karena penghapusan cache ini hanya menghapus file sampah yang memang seharusnya untuk dilakukan secara berkala.

3. Reset Hp Oppo Ke Pengaturan Pabrik

Jika 2 cara yang telah disebutkan sebelumnya tidak berhasil dan hp Oppo masih lemot, maka pengguna dapat menggunakan opsi yang terakhir. Opsi terakhir ini adalah dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik yang akan berakibat pada kehilangan semua data yang ada didalamnya.

Oleh karenanya pengguna harus berpikir ulang untuk melakukan reset. Adapun langkah-langkah untuk melakukan reset pengaturan pabrik pada hp Oppo ternyata sangat mudah. Nah, yaitu sebagai berikut ini:

  • Pertama, silahkan pengguna untuk masuk ke menu Setelan/Pengaturan pada hp Oppo.
  • Selanjutnya pilih opsi “Pengaturan Tambahan” dan akan muncul beberapa menu untuk dapat dipilih.
  • Langsung saja pilih menu “Buat Cadangan dan Riset” dilanjutkan dengan opsi “Riset ke Pengaturan Pabrik”.
  • Konfirmasi dan tunggu beberapa saat agar proses riset selesai.

Ketika melakukan reset ke pengaturan pabrik, hal yang terjadi seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa semua data akan hilang. Selain itu semua yang ada dalam hp Oppo tersebut keadaannya akan sama seperti saat pertama kali membelinya.

Itulah 3 cara mengatasi hp lemot Oppo anti gagal yang bisa dicoba agar hp dapat kembali berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Untuk selanjutnya para pengguna agar lebih perhatian dalam penggunaan supaya tidak lemot saat digunakan.