5 Cara Menampilkan Barcode Wifi dengan Mudah

oleh
cara menampilkan barcode wifi

Wifi adalah salah satu cara mudah untuk mengakses internet. Hal itu semakin dipermudah dengan adanya fitur barcode Wifi. Kini pengguna tidak perlu mengetikkan password secara manual dan hanya perlu melakukan scan barcode. Namun bagaimanakah cara menampilkan barcode Wifi dengan benar?

1. Menggunakan Menu Setting

Cara yang pertama untuk menampilkan barcode Wifi ini sangatlah mudah. Pengguna tidak memerlukan aplikasi tambahan. Pengguna cukup menggunakan fitur pengaturan bawaan yang sudah tersedia di smartphone. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

  • Langkah pertama adalah aktifkan pengaturan Wifi untuk memindai Wifi yang tersedia.
  • Jika sudah muncul Wifi yang bisa disambungkan langsung saja hubungkan ke Wifi tersebut.
  • Selanjutnya klik nama Wifi yang sudah terhubung tadi dan otomatis akan muncul barcode.
  • Ketika barcode tersebut dipindai dengan smartphone lain maka akan otomatis terhubung dengan Wifi tersebut. Kini membagikan Wifi akan menjadi lebih mudah dan anti ribet.

2. Menggunakan Aplikasi Wifi QR Code Generator

Untuk cara menampilkan barcode Wifi yang selanjutnya pengguna memerlukan aplikasi tambahan yang dapat diinstal di Play Store. Selain gratis, aplikasi ini juga terbilang ringan dan mudah digunakan. Berikut ini langkah menggunakan aplikasi Wifi QR Code Generator:

  • Buka aplikasinya dan pilih Network Name atau jaringan yang tersambung.
  • Selanjutnya isi password dan tipe pengamanan yang diperlukan.
  • Setelah semuanya terisi dengan benar pengguna bisa langsung memperoleh barcode yang dapat digunakan.
  • Pengguna bisa menyimpan barcode dengan klik Save atau membagikannya dengan klik Share.

3. Menggunakan InstaWiFi

Cara selanjutnya masih menggunakan aplikasi tambahan pada smartphone. Aplikasi ini diklaim mampu menampilkan barcode dari semua jenis Wifi. Aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone yang sudah root maupun belum. Berikut ini langkah menggunakannya:

  • Buka aplikasi InstaWifi. Jika belum ada pengguna bisa mendownloadnya di Google Play Store.
  • Selanjutnya silahkan pilih opsi QR Code untuk mulai membuat barcode untuk dibagikan.
  • Setelah itu pengguna akan diminta mengisi beberapa informasi seperti SSID Security dan password.
  • Jika sudah barcode pun akan terbentuk dan bisa dibagikan ke pengguna lainnya.

4. Membuat Barcode Wifi dengan Wifi Joiner

Selanjutnya ada aplikasi yang dapat membuat barcode Wifi untuk dibagikan. Pengguna tidak perlu memasukkan kata sandi yang ribet dan hanya tinggal melakukan scan pada barcode. Cara penggunaan aplikasi Wifi Joiner ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasinya dan pilih menu Create.
  • Selanjutnya isikan informasi yang diperlukan terkait Wifi yang akan dibuat barcode-nya. Informasi yang diminta biasanya adalah nama jaringan, jenis keamanan, dan password.
  • Setelah itu pilih opsi Create QR Code dan barcode pun siap dibagikan.

5. Menggunakan Situs Website

Tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan karena ingin menghemat ruang penyimpanan? Pengguna bisa memanfaatkan website untuk membuat barcode. Kelebihan dari website ini adalah penggunaanya tidak memerlukan proses install dan bisa langsung digunakan. 

Contoh situs yang bisa digunakan untuk membuat barcode adalah zxing.appspot.com dan qifi.org. Cara penggunaan 2 situs tersebut tidak jauh berbeda. Pengguna cukup memasukkan informasi terkait Wifi yang ingin dijadikan barcode. Setelah barcode dibuat pengguna bisa langsung membagikannya.

Itulah tadi 5 cara menampilkan barcode Wifi anti ribet dan semuanya bisa dilakukan cukup dengan smartphone. Barcode sebagai salah satu hasil dari perkembangan teknologi memang sangat bermanfaat terhadap kehidupan manusia. Semua informasi bisa dengan mudah disimpan dan dibagikan dengan barcode.